#NontonBolaIngatNexParabola

#NontonBola IngatNexParabola

Melirik Performa Manchester United Sejauh Ini di bawah Erik Ten Hag

Januari 10, 2024

Melirik Performa Manchester United Sejauh Ini di bawah Erik Ten Hag

performa manchester united

 

Manchester United adalah salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Dengan perubahan yang signifikan di bawah Erik ten Hag, banyak yang penasaran dengan bagaimana perubahan ini memengaruhi performa tim. Walaupun sempat mengalami masa yang cukup sukses di musim pertamanya, Erik ten Hag mengalami masa yang sulit di musim keduanya ini bersama The Red Devils.

 

Melalui artikel ini, Nex akan mencoba menganalisis terkait performa Manchester United di bawah kepemimpinan Ten Hag. Dari strategi permainan hingga momen-momen krusial, mari telaah bersama bagaimana Setan Merah beraksi di lapangan.

 

Analisis Performa Manchester United di Bawah Erik ten Hag

Sejak Erik ten Hag mengambil alih kendali di Manchester United, perubahan signifikan terjadi dalam performa tim. Di bawah ini, Nex akan menguraikan analisis mendalam mengenai performa Manchester United sejauh ini di bawah kepemimpinan Erik ten Hag.

 

Build-Up

Pertama-tama, mari fokus pada fase build-up, aspek krusial dalam permainan sepak bola modern. Di bawah Erik ten Hag, Manchester United mengalami perubahan signifikan dalam cara mereka membangun serangan dari belakang. Salah satu perubahan paling mencolok adalah perekrutan Andre Onana sebagai kiper utama, menggantikan David de Gea yang telah menjadi legenda di klub.

 

Onana membawa perubahan dalam pendekatan permainan United. Dalam debutnya melawan Real Madrid pada pre-season, Onana terlihat aktif keluar dari kotak untuk memulai serangan. Pendekatan berani ini memberikan tekanan tambahan pada lawan dan mengubah dinamika permainan. Keterampilan Onana dalam melakukan umpan panjang juga menjadi salah satu keunggulannya, meskipun masih ada tantangan dalam akurasi umpan panjang di awal musim 2023/24.

 

Posisi Menyerang

Dalam segi posisi menyerang, United di bawah kepemimpinan Ten Hag mengusung ide rotasi dan kreativitas. Formasi build-up yang berubah-ubah memberikan kebebasan pada pemain, terutama gelandang serang seperti Bruno Fernandes, untuk mencari ruang di antara lini pertahanan lawan. Fernandes secara konsisten menjadi motor kreativitas tim dan dapat beralih posisi dengan lancar, menciptakan kebingungan di antara pertahanan lawan.

 

Penyesuaian terkait porsi serangan juga cukup menarik perhatian. Musim lalu, United cenderung mengandalkan serangan dari sayap kiri dengan peran penting dari Marcus Rashford. Namun, di bawah Ten Hag, ada pergeseran menuju penekanan lebih kuat pada sayap kanan dengan Antony sebagai protagonis utama. Perubahan ini membuka dimensi baru dalam serangan Setan Merah dan memberikan variasi yang diperlukan.

 

Gaya Menekan

Pentingnya tekanan dalam permainan modern membuat analisis gaya menekan tim sangat penting. United di bawah Erik ten Hag tidak tergolong sebagai tim yang menekan dengan agresif. Namun, mereka telah menemukan keseimbangan antara agresivitas dan kekompakan dengan cukup baik. Prinsip dasar tekanan dimulai dari belakang, dengan fokus pada mencegah kemampuan lawan untuk membangun serangan dari area tengah.

 

Para pemain tengah United berhasil tampil agresif dalam menutup ruang dan membuat lawan kesulitan mengalirkan bola ke area berbahaya. Tidak seperti beberapa tim yang mengejar bola dengan tergesa-gesa, United di bawah Ten Hag lebih suka membuat blok rapat dan menunggu peluang untuk merampas bola.

 

Transisi

Transisi dari pertahanan ke serangan adalah momen krusial dalam sepak bola modern. Di bawah Erik ten Hag, Manchester United tampil sangat efektif dalam serangan balik. Bruno Fernandes dan Marcus Rashford menjadi pemain kunci dalam momen ini, memanfaatkan kecepatan dan kreativitas mereka untuk menciptakan peluang berbahaya.

 

Namun, ada tantangan yang muncul terutama terkait dengan performa Casemiro. Gelandang bertahan ini, yang sebelumnya menjadi andalan dalam transisi defensif, mengalami penurunan performa. Kondisi fisik dan penyesuaian dengan peran baru setelah kedatangan Mason Mount menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Penggemar dan staf pelatih berharap Casemiro dapat kembali ke performa terbaiknya setelah masa istirahat internasional.

 

Posisi Bertahan

Secara umum, performa bertahan United di bawah Ten Hag cukup stabil, tetapi ada pengecualian dalam area kritis. Dalam beberapa pertandingan melawan tim asal London, terlihat kelemahan dalam menjaga ruang di antara full back dan center back. Pemain lawan yang cerdik seperti Kai Havertz berhasil memanfaatkan celah ini, menciptakan peluang berbahaya di zona bertahan.

 

Pertahanan United perlu memperbaiki kerentanannya terhadap pemain yang mampu beroperasi di ruang di antara pemain bertahan. Disiplin posisi dan komunikasi yang lebih baik di area yang kritis akan menjadi fokus dalam meningkatkan performa bertahan tim. Hanya saja, performa Andre Onana yang masih di bawah ekspektasi dan tidak konsisten membuat United kesulitan untuk mempertahankan keunggulan.

 

Set-Piece

Manchester United di bawah Ten Hag menunjukkan performa yang baik dalam situasi set-piece. Raphael Varane, dengan kualitasnya dalam permainan udara, menjadi ancaman nyata di zona pinalti lawan. Dalam beberapa pertandingan, United berhasil mencetak gol melalui situasi set-piece, menunjukkan bahwa mereka dapat memanfaatkan keunggulan fisik pemain seperti Varane.

 

Selain itu, kebangkitan Harry Maguire juga perlu menjadi perhatian. Dalam fase grup Champions League musim 2023/24, Maguire adalah pemain yang memenangkan duel udara terbanyak dan terbaik, dengan persentase kemenangan duel udara hingga 80%. Jadi, tidak akan mengherankan jika United akan mulai sering mengandalkan bola-bola atas.

 

Penurunan Performa Manchester United di Musim 2023/24

Setelah musim pertama yang positif di bawah arahan manajer Erik ten Hag, ekspektasi tinggi pun muncul bahwa United akan melangkah lebih jauh musim ini. Namun, setelah hampir setengah musim ini, suasana di sekitar Old Trafford mulai suram, dan Ten Hag berada di bawah tekanan.

 

Masalah Striker

Musim lalu, United finis di peringkat ketiga, tetapi mereka menjadi pencetak gol terendah di antara enam besar dengan hanya 58 gol dalam 38 pertandingan. Mereka juga berada di peringkat kedua untuk “big chances missed” dengan 71, dan harapan suporter adalah klub akan merekrut striker elite untuk memperbaiki masalah tersebut.

 

Namun, dalam jendela transfer di musim panas, United tidak berhasil mendatangkan striker kelas dunia seperti yang diharapkan. Rasmus Højlund, pemain muda yang berbakat tetapi belum teruji, menjadi pilihan utama, padahal ada Harry Kane saat itu. Alasan di balik kegagalan mendatangkan Kane melibatkan faktor angka, termasuk biaya transfer dan gaji, dan ketidaksetujuan Tottenham untuk berurusan dengan rival di Premier League.

 

Hingga 14 pertandingan di liga sejauh ini, United hanya mencetak 16 gol, menjadi yang terendah di antara tim peringkat sepuluh besar. Masalah ini makin diperparah dengan ketidakmampuan Højlund untuk mencetak gol di Premier League. Klaim United bahwa mendatangkan Kane bukanlah opsi realistis tampaknya kini menjadi sorotan, dan kebutuhan akan striker berkualitas masih menjadi perbincangan hangat.

 

Penurunan Performa Marcus Rashford

Selain masalah dengan striker, United juga harus berurusan dengan performa mengecewakan Marcus Rashford. Setelah mencetak 30 gol di semua kompetisi pada musim lalu, Rashford hanya berhasil mencetak dua gol sejauh musim ini. Bahkan, Bruno Fernandes sempat memberikan kesempatan penalti untuk Rashford agar dia dapat mencetak gol.

 

Rashford, yang menginginkan peran di sayap kiri, harus beradaptasi dengan posisi sentral atau sayap kanan karena berbagai alasan, termasuk cedera Højlund dan penampilan gemilang Alejandro Garnacho. Hasilnya, Rashford terlihat seperti bayangan dirinya musim lalu dan sering kali digantikan oleh Ten Hag ketika timnya sedang membutuhkan gol.

 

Masalah Cedera

Ten Hag mencoba untuk tidak mencari alasan terkait cedera, tetapi panjangnya daftar pemain cedera sejak musim panas menjadi tantangan besar. Melawan Newcastle United, tujuh pemain inti absen (Lisandro Martínez, Casemiro, Mason Mount, Christian Eriksen, Jonny Evans, Tyrell Malacia, dan Amad Diallo), ditambah dengan Jadon Sancho yang diasingkan sejak September.

 

Masalah cedera ini terutama terlihat di lini belakang, di mana Ten Hag telah mencoba delapan kombinasi bek tengah dan lima pemain berbeda di bek kiri. Suporter mulai mempertanyakan strategi perekrutan dengan total pengeluaran hampir £400 juta sejak Ten Hag mengambil alih sebagai manajer pada musim panas 2022. Meski begitu, Ten Hag mungkin berpendapat bahwa dia belum pernah memiliki starting XI pilihan pertamanya sepanjang musim ini.

 

Apakah Performa Manchester United Lebih Buruk dari Musim Lalu?

Rekor United setelah 14 pertandingan di Premier League cukup mirip dengan rekor mereka pada tahap yang sama musim lalu. Musim ini, mereka telah memainkan 14 pertandingan, memenangkan delapan, kalah enam, mencetak 16 gol, kebobolan 17, dan mengumpulkan 24 poin. Pada tahap yang sama musim lalu, mereka memenangkan delapan, kalah empat, mencetak 20 gol, kebobolan 20, dan mengumpulkan 26 poin.

 

Namun, perbedaan terbesar terletak di ajang Eropa. United tampil meyakinkan dalam fase grup Champions League musim lalu, memenangkan lima dari enam pertandingan dan mencetak 10 gol. Namun, di Champions League musim ini, mereka hanya memenangkan satu dari enam pertandingan dan kebobolan 15 gol, termasuk 11 gol dalam tiga pertandingan tandang.

 

Selain itu, inkonsistensi permainan dan hasil yang mereka dapatkan juga memengaruhi motivas pemain. Pada waktu yang sama di musim lalu, United sudah mengalahkan Liverpool, Arsenal, dan Tottenham. Musim ini, mereka telah menghadapi lima tim sepuluh besar (Arsenal, Manchester City, Tottenham, Newcastle, dan Brighton) dan kalah dalam semua pertandingan tersebut.

 

Dengan performa yang mengecewakan di beberapa area kunci, termasuk kegagalan dalam merekrut striker top dan serangkaian cedera yang merugikan, pertanyaan mengenai arah United di bawah kepemimpinan Ten Hag makin mengemuka. Bagaimana Ten Hag akan merespon dan memperbaiki situasi ini akan menjadi sorotan utama dalam beberapa bulan ke depan.

 

Tonton Seluruh Pertandingan Manchester United di Liga Inggris dengan Nex!

Apakah menurut Anda Erik ten Hag dapat membalikan keadaan di musim ini, terutama karena jendela transfer musim dingin hampir dibuka? Daripada penasaran, yuk langsung saja saksikan seluruh pertandingan Manchester United di Premier League dengan membeli Receiver Nex  dan langganan Paket Premier League.

 

Nex merupakan salah satu platform yang menayangkan seluruh pertandingan Liga Inggris dengan lengkap. Selain itu, kami juga menayangkan berbagai kompetisi lainnya seperti Liga Champions, Liga Europa, hingga BRI Liga 1. Selain sepak bola, Anda juga bisa menyaksikan pertandingan olahraga lainnya, mulai dari basket, voli, tenis, dan masih banyak lagi.

 

Kunjungi official online store kami di Bukalapak, Shopee, Tokopedia, atau Lazada untuk mendapatkan receiver dan paket langganan Nex sekarang juga!

Bagikan artikel ini di :

Berita Populer Lainnya

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur…

29 Desember 2023

Family Entertainment

10 Rekomendasi Anime Action yang Paling…

30 November 2023

Family Entertainment

11 Rekomendasi Anime Shounen yang Cocok…

29 Desember 2023

Family Entertainment

11 Teknik Pernafasan Air di Kimetsu…

12 Oktober 2023

Family Entertainment

12 Daftar Film Jackie Chan, si…

20 Februari 2024

Family Entertainment

13 Fakta Bikini Bottom yang Jarang…

22 Juni 2023

Family Entertainment

13 Film Bollywood Romantis yang Bikin…

07 Maret 2024

Family Entertainment

14 Rekomendasi Anime Fantasy untuk Tontonan…

20 Februari 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Chelsea Terbaik Sepanjang Masa

23 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Manchester City Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Mantan Pemain Manchester United yang…

21 Februari 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pelatih Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

06 Maret 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada…

08 Maret 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Legenda Tottenham Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Chelsea Sepanjang Masa

24 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Tottenham Hotspur Sepanjang…

08 Maret 2024

Live SportsPiala Dunia

Daftar Juara Piala Dunia U-17 dari…

13 November 2023

Piala DuniaTrivia

Profil Bima Sakti, Mantan Bintang Timnas…

13 November 2023

Telekomunikasi

Perbedaan Smart TV dan Android TV…

30 November 2023

Telekomunikasi

Perbedaan TV Digital dan Smart TV:…

10 Juli 2023

Uncategorized

Urutan Sword Art Online: Dari Season…

27 Oktober 2023

Berita Populer Lainnya

Trivia

10 Bek Kanan Paling Tangguh di Liga Inggris Musim 2023/24

27 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kiri Terbaik di Liga Inggris 2023/24

07 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Paling Pendek di Liga Inggris

09 Januari 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur dan Mendidik si Buah Hati

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Gelandang Terbaik Manchester United Sepanjang Masa

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Kekalahan Terbesar Manchester City bersama Pep Guardiola

06 November 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Klub Tertua di Liga Inggris

30 April 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Lapangan Basket NBA yang Ikonik

25 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur dan Mendidik si Buah Hati

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Rekomendasi Anime Action yang Paling Seru

30 November 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

11 Rekomendasi Anime Shounen yang Cocok untuk Hiburan di Akhir Pekan

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

11 Teknik Pernafasan Air di Kimetsu no Yaiba dan Karakter yang Bisa Menggunakannya

12 Oktober 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

12 Daftar Film Jackie Chan, si Aktor Film Aksi Legendaris

20 Februari 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

13 Fakta Bikini Bottom yang Jarang Diketahui

22 Juni 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

13 Film Bollywood Romantis yang Bikin Baper dan Klepek-Klepek

07 Maret 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

14 Rekomendasi Anime Fantasy untuk Tontonan di Akhir Pekan

20 Februari 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Chelsea Terbaik Sepanjang Masa

23 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Manchester City Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Mantan Pemain Manchester United yang Masih Aktif Bermain

21 Februari 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pelatih Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

06 Maret 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim 2023/24

08 Maret 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Legenda Tottenham Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Chelsea Sepanjang Masa

24 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Tottenham Hotspur Sepanjang Masa

08 Maret 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

13 Pemain Terbaik Piala Dunia U20 yang Kini Menjadi Bintang dan Legenda

30 April 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

15 Daftar Pemain Terbaik Copa América di Tiap Edisi

08 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

16 Gol Terbaik Piala Dunia Sepanjang Masa

12 Mei 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

3 Calon Pelatih Liverpool untuk Menggantikan Jurgen Klopp

19 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

3 Tim Kuda Hitam Liga Inggris di Musim 2023/2024

16 November 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

5 Alasan Mengapa Manchester United Terpuruk di 2023/2024

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

6 Stadion Piala Dunia U20 2023 di Argentina

30 April 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

7 Piala Sepakbola Bergengsi Dunia bagi Negara dan Klub

27 Maret 2023

Lebih Lanjut

Live SportsPiala Dunia

Daftar Juara Piala Dunia U-17 dari Masa ke Masa

13 November 2023

Lebih Lanjut

Piala Dunia

Prediksi Final Piala Dunia U-17: Jerman vs Prancis

30 November 2023

Lebih Lanjut

Piala DuniaTrivia

Profil Bima Sakti, Mantan Bintang Timnas yang Jadi Pelatih Timnas U-17 Indonesia

13 November 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan Receiver dengan Set Top Box: Apa yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli?

10 Juli 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan Smart TV dan Android TV dalam Berbagai Aspek

30 November 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan TV Digital dan Smart TV: Kelebihan dan Kekurangannya

10 Juli 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kanan Paling Tangguh di Liga Inggris Musim 2023/24

27 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kiri Terbaik di Liga Inggris 2023/24

07 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Paling Pendek di Liga Inggris

09 Januari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Gelandang Terbaik Manchester United Sepanjang Masa

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Kekalahan Terbesar Manchester City bersama Pep Guardiola

06 November 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Klub Tertua di Liga Inggris

30 April 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Lapangan Basket NBA yang Ikonik

25 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Nama Point Guard Terbaik di NBA dan Raihannya Masing-masing

24 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Uncategorized

Urutan Sword Art Online: Dari Season 1 hingga Season 4

27 Oktober 2023

Lebih Lanjut