#NontonBolaIngatNexParabola

#NontonBola IngatNexParabola

Mengenal Sejarah Chelsea serta Rekor yang Telah Dipecahkan

Maret 29, 2024

Mengenal Sejarah Chelsea serta Rekor yang Telah Dipecahkan

sejarah chelsea

 

Sejarah Chelsea dapat ditarik dari akhir abad ke-19 di mana mereka pertama kali didirikan. Klub yang berbasis di Fulham, London Barat, ini bermain di Stamford Bridge sebagai kandangnya. Chelsea sendiri merupakan salah satu dari lima klub yang memenangkan ketiga kompetisi utama klub Eropa pra-1999, dan satu-satunya klub yang memenangkan tiga kompetisi utama Eropa tersebut sebanyak dua kali. Mereka juga satu-satunya klub London yang pernah memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

 

Chelsea memiliki persaingan dengan tim tetangga asal London, yaitu Arsenal dan Tottenham Hotspur, dan persaingan bersejarah dengan Leeds United. Dalam hal nilai klub, Chelsea adalah klub sepak bola paling bernilai ketujuh di dunia (per 2021), dengan nilai £2,39 miliar (Rp44,3 triliun), dan merupakan klub sepak bola berpenghasilan tertinggi kedelapan di dunia, dengan pendapatan lebih dari €493,1 juta atau Rp8,04 triliun (per Mei 2022).

 

Penasaran dengan sejarah Chelsea? Yuk simak pembahasannya yang lebih mendalam di bawah ini!

 

Sejarah Berdirinya Chelsea F.C.

Sejarah awal terbentuknya Chelsea Football Club dapat ditarik hingga tahun 1896, di mana Henry Augustus Mears atau lebih sering disapa Gus Mears, seorang pebisnis yang sangat menyukai sepak bola asal Inggris, membeli Stamford Bridge Athletics Ground di Fulham, London Barat, dengan niat untuk mengadakan pertandingan sepak bola kelas atas di sana.

 

Namun, Gus Mears, bersama dengan adiknya Joseph Mears, harus menunggu hingga tahun 1904 untuk membeli hak milik Stamford Bridge, ketika pemilik sebelumnya meninggal. Setelah berhasil membelinya, sayangnya Mears bersaudara gagal membujuk Fulham Football Club untuk mengadopsi tanah itu sebagai kandang akibat perselisihan tentang sewa. Akhirnya, Mears mempertimbangkan untuk menjual tanah tersebut ke Perusahaan Kereta Api Great Western, yang ingin menggunakannya sebagai tempat pembuangan batu bara.

 

Untungnya, rekan dari Mears, yaitu Fred Parker, membujuknya untuk tidak menjual Stamford Bridge ke perusahaan kereta tersebut dan mengajaknya untuk membuat klub sendiri. Karena hal tersebut, Mears pun berubah pikiran dan memutuskan untuk mengikuti saran dari Parker untuk mendirikan klub sepak bolanya sendiri untuk menempati Stamford Bridge. Dari sana, Chelsea Football Club pun berdiri.

 

Pemberian Nama Chelsea Football Club

Chelsea Football Club didirikan pada tanggal 10 Maret 1905 di pub The Rising Sun, (sekarang The Butcher’s Hook) di seberang pintu masuk utama ke Fulham Road. Karena sudah ada tim yang bernama Fulham di borough, nama borough yang berdekatan dengannya, yaitu Metropolitan Borough of Chelsea, pun ditetapkan untuk menjadi nama klubnya; setelah London FC, Kensington FC, dan Stamford Bridge FC ditolak.

 

Masa-Masa Awal Chelsea Football Klub

Setelah terbentuk, Chelsea awalnya mempertimbangkan untuk bergabung dengan Southern League, tetapi ditolak menyusul keberatan dari Fulham dan Tottenham Hotspur, jadi mereka malah melamar masuk ke Football League. Pencalonan mereka disahkan di RUPS Liga Sepak Bola pada 29 Mei 1905; pidato yang disampaikan oleh Parker memainkan peran yang sangat penting, menekankan stabilitas keuangan klub baru tersebut, stadion barunya yang mengesankan, dan pemain marquee seperti William “Fatty” Foulke, penjaga gawang yang telah memenangkan gelar Liga Inggris dan dua Piala FA bersama Sheffield United.

 

Chelsea memenangkan promosi ke Divisi Pertama di musim kedua mereka, dan sempat naik turun antara Divisi Pertama dan Kedua pada tahun-tahun awalnya. Chelsea berhasil mencapai Final Piala FA pada tahun 1915, di mana mereka kalah oleh Sheffield United di Old Trafford, serta finis di peringkat ketiga di Divisi Pertama pada tahun 1920, yang merupakan kampanye liga terbaik klub hingga saat itu.

 

Pada saat itu, Chelsea memiliki reputasi untuk merekrut pemain bintang dan menarik banyak orang. Oleh karenanya, Chelsea memiliki rata-rata kehadiran tertinggi di sepak bola Inggris dalam sepuluh musim terpisah termasuk 1907–08, 1909–10,1911–12, 1912–13, 1913–14, dan 1919–20. Chelsea juga adalah semifinalis Piala FA pada tahun 1920 dan 1932 serta dapat tetap bertahan di Divisi Pertama sepanjang tahun 1930-an, tetapi kesuksesan tersebut mulai pudar pada tahun-tahun antara perang dunia.

 

Perjalanan Chelsea F.C. di Liga Inggris

Chelsea merupakan salah satu klub sepak bola tersukses yang ada di Inggris dengan koleksi enam gelar Divisi Pertama Liga Inggris, berada di peringkat ketujuh di bawah Manchester United (20), Liverpool (19), Arsenal (13), Everton (9), Manchester City (8), dan Aston Villa (7). Saat ini, Chelsea bermain di Premier League (Divisi Pertama sepak bola Inggris saat ini) dan selalu menjadi penantang untuk meraih gelar juara di setiap musimnya dalam beberapa tahun terakhir.

 

Perjalanan Tahun-Tahun Awal yang Sukses

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebelum masa perang dunia, Chelsea sempat merasakan kesuksesan di awal-awal terbentuknya. Bahkan, ada banyak sekali pemain bintang yang bergabung dengan mereka untuk mencoba memenangkan berbagai macam gelar. Oleh karena itu, jumlah penonton yang datang langsung ke Stamford Bridge pun selalu menjadi yang tertinggi dalam beberapa musim awalnya di Liga Inggris. Sayangnya, kesuksesan tersebut sempat pudar pada masa perang dunia dan Chelsea pun mulai bermain kurang konsisten dengan sering naik turun dari Divisi Pertama dan Kedua Liga Inggris.

 

Musim 1954-55: Trofi Liga Inggris Pertama untuk Chelsea

Pada tahun 1952, setelah sempat bermain secara inkonsisten pasca Perang Dunia Kedua, Chelsea menunjuk Ted Drake, mantan penyerang tim nasional Inggris dan Arsenal, sebagai manajer klub untuk memodernisasinya. Drake menghapus lambang pensiunan Chelsea, meningkatkan sistem perekrutan pemain pemuda dan rezim pelatihan, membangun kembali tim dengan pemain yang cerdas dari divisi bawah dan liga amatir, hingga akhirnya berhasil memimpin Chelsea meraih kesuksesan trofi besar pertama mereka, yaitu sebagai juara Liga Inggris pada musim 1954–55.

 

Baca Juga: Jumlah Trofi Chelsea hingga Musim 2022/2023

 

Setelah Ted Drake mengambil alih, bahkan ketika dia sudah tidak menjadi bagian dari Chelsea, klub yang berjuluk The Blues ini tetap dapat bermain baik dan meraih banyak sekali gelar, baik itu domestik maupun Eropa. Beberapa gelar yang berhasil dimenangkan Chelsea selama masa-masa ini antara lain:

 

  • 1x Divisi Pertama Liga Inggris (1954-55)
  • 1x FA Cup (1979-70)
  • 1x League Cup (1964-65)
  • 1x FA Charity Shield (1955)
  • 1x UEFA Cup Winners’ Cup (1970-71)

Tahun 1972-1983: Kemunduran Chelsea F.C., Mulai dari Degradasi hingga Kebangkrutan

Kemenangan UEFA Cup Winners’ Cup terbukti menjadi yang terakhir dari kesuksesan Chelsea dalam dekade ini karena serangkaian masalah muncul dan hampir membuat klub bertekuk lutut. Sejak awal 1970-an, disiplin tim mulai merosot karena Dave Sexton, manajer Chelsea saat itu, berselisih dengan beberapa pemain kuncinya, terutama Osgood, Hudson, dan Baldwin, karena sikap dan gaya hidup mereka.

 

Saat semangat dan harmoni tim menurun, begitu pula hasil dan performa dari klub. Pada musim 1972-73, Chelsea mengalami banyak sekali penurunan performa, mulai dari gagal mempertahankan gelar UEFA Cup Winners’ Cup, tersingkir dari FA Cup oleh tim Divisi Kedua Leyton Orient meski sempat memimpin 2-0, dan kalah di final Piala Liga dari tim underdog Stoke City.

 

Pada musim-musim selanjutnya, Chelsea pun masih kesulitan untuk kembali menampilkan performa yang baik. Hingga akhirnya, mereka harus rela terdegradasi ke Divisi Kedua Liga Inggris pada tahun 1975 akibat serangkaian performa buruknya. Hasil negatif ini kemudian bertambah buruk karena Chelsea tidak dapat membeli pemain baru antara Agustus 1974 hingga Juni 1978 akibat pembangunan East Stand untuk menambah kapasitas penonton menjadi 60,000 orang di Stamford Bridge dan krisis keuangan dunia pada saat itu.

 

Akibat performa buruk dari Chelsea, ada banyak sekali pendukungnya yang sangat kecewa. Bahkan, ada beberapa pendukung Chelsea yang terlibat banyak sekali aksi vandalisme, kekerasan, dan kekacauan umum lainnya di Inggris, terutama di area sekitar London. Hal ini membuat kondisi dari Chelsea makin memburuk dan membuat mereka makin sulit untuk bangkit.

 

Pada tahun 1981, Mears mengundurkan diri sebagai Chairman dari Chelsea, mengakhiri hubungan 76 tahun keluarganya dengan klub tersebut. Salah satu tindakan terakhir Mears adalah menunjuk mantan bos Wrexham, John Neal, sebagai manajer. Sayangnya, setahun kemudian, Chelsea Football & Athletic Company, yang terlilit utang dan tidak mampu membayar para pemainnya, dan akhirnya diakuisisi oleh pengusaha dan Chairman dari Oldham Athletic, Ken Bates, seharga £1 saja, meskipun untuk alasan yang masih diperdebatkan, Bates tidak membeli SB Properties, perusahaan yang kini memiliki hak milik Stamford Bridge.

 

Pada titik ini, Chelsea berada dalam kondisi keuangan yang sangat buruk dan kehilangan uang sebesar £12.000 setiap minggunya. Bates kemudian menggambarkan apa yang dia ambil alih saat itu sebagai “klub sosial dengan sepak bola kecil yang dimainkan pada hari Sabtu”.

 

Tahun 1983-2003: Proses Kebangkitan Chelsea F.C.

Musim panas 1983 menandai titik balik dalam sejarah Chelsea. John Neal, manajer pada saat itu, membuat serangkaian perekrutan yang sangat penting dalam membalikkan nasib klub. Neal mendatangkan striker Kerry Dixon dari Reading, pemain sayap terampil Pat Nevin dari Clyde, gelandang Nigel Spackman dari AFC Bournemouth, dan penjaga gawang Eddie Niedzwiecki dari Wrexham dengan John Hollins yang kembali sebagai pemain-pelatih, semuanya dengan total biaya kurang dari £500.000.

 

Dixon bahkan berhasil membuat duo penyerang yang produktif dengan Neal David Speedie. Keduanya berhasil terhubung sangat baik dengan Nevin, kombinasi yang akan menghasilkan hampir 200 gol dalam tiga tahun saja. Akhirnya, Chelsea pun berhasil menjuarai Divisi Kedua Liga Inggris pada musim 1983-84 untuk kembali berkompetisi ke Divisi Pertama di musim selanjutnya.

 

Walaupun belum bisa mengembalikan kesuksesannya seperti sebelum Perang Dunia Kedua dan di bawah asuhan Ted Drak, tetapi kembalinya Chelsea ke Divisi Pertama saat itu menjadi titik balik dari klub atas kesengsaraannya dalam beberapa musim terakhir. Bahkan, pada akhir tahun 1990-an, Chelsea berhasil berjaya dengan mendominasi League Cup dan FA Cup berkat pemain-pelatih Ruud Gullit serta duo pemain asal Italia, Gianluca Vialli dan Gianfranco Zola.

 

Pada awal tahun 2000-an, Chelsea pun menunjuk Claudio Ranieri sebagai manajer setelah karier suksesnya di Liga Italia dan Liga Spanyol. Ranieri secara perlahan mengubah Chelsea dan membuatnya kembali menjadi lawan yang ditakuti di Liga Inggris. Pada masa kepelatihannya, Ranieri berhasil merekrut banyak legenda Chelsea, seperti John Terry, Frank Lampard, dan William Gallas.

 

Baca Juga: 10 Legenda Chelsea Terbaik Sepanjang Masa

 

Tahun 2003-2022: Era Roman Abramovich

Dengan Chelsea yang tampaknya menghadapi krisis keuangan, Bates tiba-tiba menjual Chelsea F.C. pada Juni 2003 seharga £60 juta. Dengan melakukan itu, dia dilaporkan berhasil mendapatkan keuntungan pribadi sebesar £17 juta dari klub yang dibelinya seharga £1 pada tahun 1982 (sahamnya telah terdilusi hingga di bawah 30% selama bertahun-tahun). Pemilik baru klub adalah oligarki dan miliarder asal Rusia, Roman Abramovich, yang juga bertanggung jawab atas utang klub sebesar £80 juta.

 

Apabila kamu adalah penggemar Liga Inggris, nama Abramovich pasti sudah tidak asing lagi. Pemilik klub yang dikenal sangat keras terhadap manajer klub ini memiliki ambisi yang sangat besar untuk menjadikan Chelsea sebagai salah satu klub terbaik di dunia. Walaupun sering sekali memecat manajer yang menampilkan performa inkonsisten, tetapi caranya mengatur Chelsea patut diacungi jempol karena berhasil membuat The Blues menjadi raksasa Eropa selama masa kepemimpinannya.

 

Abramovich sendiri dikenal sebagai pemilik klub yang sangat royal, di mana dia rela hanya mendapatkan sedikit keuntungan agar Chelsea dapat merekrut banyak pemain bintang dengan harga yang mahal. Selain itu, Chelsea juga dikenal sebagai salah satu klub yang berani memberikan gaji besar kepada pemainnya, yang mana membuat banyak pemain kelas atas tertarik untuk membelanya.

 

Beberapa pencapaian besar Chelsea, seperti menjuarai Liga Inggris berturut-turut hingga menjuarai Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Dunia Antarklub, semuanya terjadi di bawah kepemimpinan Abramovich. Nama-nama pelatih besar seperti Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Thomas Tuchel, dan masih banyak lagi pun tertarik untuk menjadi manajer Chelsea berkat Abramovich. Jadi, dapat dikatakan bahwa Chelsea yang kita kenal sekarang dapat terjadi berkat kepemimpinan Abramovich.

 

Chelsea Saat Ini

Era kepemimpinan Roman Abramovich di Chelsea sayangnya harus berakhir pada tahun 2022 akibat invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina. Abramovich dianggap memiliki keterlibatan terhadap invasi yang dilakukan oleh Rusia, dan pemerintah Inggris pun menjatuhi sanksi terhadapnya.

 

Di tengah sanksi keuangan yang dijatuhkan pada oligarki Rusia tersebut oleh pemerintah Barat sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, Abramovich pun menyatakan pada 26 Februari bahwa dia akan menyerahkan kepengurusan Chelsea kepada para wali Yayasan Chelsea. Hal ini akhirnya mengarah pada penjualan saham Chelsea sepenuhnya kepada pengusaha asal Amerika Serikat, Todd Boehly dan rekannya.

 

Pada 25 Mei 2022, pemerintah Inggris telah menyetujui pengambilalihan Chelsea oleh konsorsium yang dipimpin oleh Boehly dengan nilai sebesar £4,25 miliar (Rp78,8 triliun). Pada 30 Mei 2022, penjualan tersebut akhirnya selesai, dan mengakhiri kepemilikan klub selama 19 tahun oleh Abramovich.

 

Chelsea kemudian mengumumkan pada 20 Juni bahwa Bruce Buck, yang menjabat sebagai Chairman sejak 2003, akan mengundurkan diri dari jabatannya efektif pada 30 Juni meskipun dia akan terus mendukung klub sebagai Penasihat Senior, dan Boehly akan menggantikannya sebagai Chairman baru. Keputusan ini diikuti dengan restrukturisasi dewan klub dan mengumumkan kepergian Direktur Klub yang telah lama menjabat dan Direktur Olahraga de facto, Marina Granovskaia, pada 22 Juni. Petr Čech pun meninggalkan perannya sebagai Penasihat Teknis dan Kinerja 5 hari kemudian.

 

Trofi Chelsea paling Memorable

Seperti yang sudah kamu lihat, Chelsea merupakan klub yang telah meraih berbagai gelar juara kompetisi klub di tingkat domestik dan internasional. Dari deretan piala yang telah diraih, tentu ada yang lebih dikenang dibanding lainnya. Apa saja piala-piala tersebut? Berikut adalah trofi Chelsea paling memorable menurut Nex Parabola:

 

1. Piala FA 2007

Chelsea memang sudah beberapa kali memenangkan Piala FA. Namun, yang membuat kemenangan satu ini spesial adalah karena kemenangan Chelsea ini menjadikan mereka sebagai tim pertama yang memenangkan gelar Piala FA di stadium Wembley yang baru.

 

Chelsea berhasil menang tipis atas rivalnya di domestik, Manchester United, melalui gol tunggal Didier Drogba di babak tambahan waktu. Gelar FA ini juga memberikan Chelsea gelar double winner setelah sebelumnya mereka berhasil meraih Piala Liga.

 

Walau demikian, piala ini juga menjadi persembahan terakhir Mourinho untuk The Blues.

 

2. Gelar Liga Inggris 2004-2005

Di musim ini, Chelsea menuliskan nama mereka dalam sejarah sebagai salah satu tin Liga Inggris yang menjuarai gelar liga dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Istimewanya lagi, mereka mengangkat trofi tepat di 100 tahun umur klub.

 

Tidak hanya dari sisi klub, kemenangan ini juga mencatatkan nama John Terry sebagai salah satu legenda klub, dan mungkin salah satu kapten terbaik yang pernah dimiliki oleh Chelsea. Kemampuan bertahan dan memimpinnya membuat Chelsea hampir meraih gelar Invincibles di musim tersebut. Dan ketika Ia berhasil meraih hasil yang ‘hampir’ sempurna di akhir musim, semua pendukung Chelsea tidak akan pernah lagi melupakan namanya.

 

3. Gelar Liga Champions 2012

Chelsea mungkin telah memenangkan berbagai gelar domestik yang mungkin diraih oleh tim Inggris, namun sebelumnya mereka akan dipandang sebelah mata karena mereka belum pernah memenangkan gelar tertinggi di kancah sepakbola Eropa; juara Liga Champions.

 

Oleh karena itu, ketika Didier Drogba melangkah ke kotak pinalti untuk mengambil tendangan terakhir bagi Chelsea, dunia seperti berhenti bagi fans Chelsea. Skor saat itu adalah 3 – 3. Bayern Munich telah kehilangan 2 poin, dan jika Drogba berhasil mencetak gol, maka Chelsea akan bergabung bersama para tim elit Eropa.

 

Menghadapi Neuer yang merupakan kiper baru Bayern Munich yang sedang naik daun bukan perkara mudah. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa Neuer akan menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Jerman.

 

Dari penjelasan di atas, tentu dapat dimengerti dengan mudah mengapa kemenangan Chelsea ini menjadi hal yang paling memorable bagi fans Chelsea. Ketika Drogba berhasil mengecoh Neuer dari titik putih, Chelsea akhirnya memenbuhi takdirnya untuk menjadi tim elit Eropa.

 

Wah, ternyata panjang sekali ya sejarah Chelsea ini. Nah, jika kamu tertarik untuk menyaksikan perjalanan Chelsea di Liga Inggris, yuk langsung saja nonton Premier League dengan membeli Receiver Nex Parabola!

 

Nex Parabola merupakan salah satu platform yang menayangkan seluruh pertandingan Premier League dengan lengkap. Selain itu, kami juga menayangkan berbagai kompetisi lainnya seperti UEFA Champions League, UEFA Europa League, hingga BRI Liga 1.

 

Nikmati Siaran Olahraga Berkualitas dengan Nex Parabola

NexParabola menayangkan berbagai kompetisi seperti Liga Inggris, Liga Champions, Liga Europa, hingga BRI Liga 1. Selain sepak bola, kamu juga bisa menyaksikan pertandingan olahraga lainnya, mulai dari basket, voli, tenis, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menikmati semua siaran olahraga berkualitas dengan membeli Paket Premium Sports.

 

 

Kunjungi official online store kami di BukalapakShopee, Tokopedia, Lazada, atau TikTok Shop untuk mendapatkan receiver dan paket langganan Nex Parabola sekarang juga!

Bagikan artikel ini di :

Berita Populer Lainnya

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur…

29 Desember 2023

Family Entertainment

10 Rekomendasi Anime Action yang Paling…

30 November 2023

Family Entertainment

11 Rekomendasi Anime Shounen yang Cocok…

29 Desember 2023

Family Entertainment

11 Teknik Pernafasan Air di Kimetsu…

12 Oktober 2023

Family Entertainment

12 Daftar Film Jackie Chan, si…

20 Februari 2024

Family Entertainment

13 Fakta Bikini Bottom yang Jarang…

22 Juni 2023

Family Entertainment

13 Film Bollywood Romantis yang Bikin…

07 Maret 2024

Family Entertainment

14 Rekomendasi Anime Fantasy untuk Tontonan…

20 Februari 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Chelsea Terbaik Sepanjang Masa

23 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Manchester City Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Mantan Pemain Manchester United yang…

21 Februari 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pelatih Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

06 Maret 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada…

08 Maret 2024

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Legenda Tottenham Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Chelsea Sepanjang Masa

24 Maret 2023

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Tottenham Hotspur Sepanjang…

08 Maret 2024

Live SportsPiala Dunia

Daftar Juara Piala Dunia U-17 dari…

13 November 2023

Piala DuniaTrivia

Profil Bima Sakti, Mantan Bintang Timnas…

13 November 2023

Telekomunikasi

Perbedaan Smart TV dan Android TV…

30 November 2023

Telekomunikasi

Perbedaan TV Digital dan Smart TV:…

10 Juli 2023

Uncategorized

Urutan Sword Art Online: Dari Season…

27 Oktober 2023

Berita Populer Lainnya

Trivia

10 Bek Kanan Paling Tangguh di Liga Inggris Musim 2023/24

27 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kiri Terbaik di Liga Inggris 2023/24

07 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Paling Pendek di Liga Inggris

09 Januari 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur dan Mendidik si Buah Hati

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Gelandang Terbaik Manchester United Sepanjang Masa

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Kekalahan Terbesar Manchester City bersama Pep Guardiola

06 November 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Klub Tertua di Liga Inggris

30 April 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Lapangan Basket NBA yang Ikonik

25 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Film Lucu Anak untuk Menghibur dan Mendidik si Buah Hati

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

10 Rekomendasi Anime Action yang Paling Seru

30 November 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

11 Rekomendasi Anime Shounen yang Cocok untuk Hiburan di Akhir Pekan

29 Desember 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

11 Teknik Pernafasan Air di Kimetsu no Yaiba dan Karakter yang Bisa Menggunakannya

12 Oktober 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

12 Daftar Film Jackie Chan, si Aktor Film Aksi Legendaris

20 Februari 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

13 Fakta Bikini Bottom yang Jarang Diketahui

22 Juni 2023

Lebih Lanjut

Family Entertainment

13 Film Bollywood Romantis yang Bikin Baper dan Klepek-Klepek

07 Maret 2024

Lebih Lanjut

Family Entertainment

14 Rekomendasi Anime Fantasy untuk Tontonan di Akhir Pekan

20 Februari 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Chelsea Terbaik Sepanjang Masa

23 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Legenda Manchester City Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Mantan Pemain Manchester United yang Masih Aktif Bermain

21 Februari 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pelatih Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

06 Maret 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim 2023/24

08 Maret 2024

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Pemain Legenda Tottenham Sepanjang Masa

28 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Chelsea Sepanjang Masa

24 Maret 2023

Lebih Lanjut

Klub & Pemain Sepakbola

10 Top Skor Tottenham Hotspur Sepanjang Masa

08 Maret 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

13 Pemain Terbaik Piala Dunia U20 yang Kini Menjadi Bintang dan Legenda

30 April 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

15 Daftar Pemain Terbaik Copa América di Tiap Edisi

08 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

16 Gol Terbaik Piala Dunia Sepanjang Masa

12 Mei 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

3 Calon Pelatih Liverpool untuk Menggantikan Jurgen Klopp

19 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

3 Tim Kuda Hitam Liga Inggris di Musim 2023/2024

16 November 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

5 Alasan Mengapa Manchester United Terpuruk di 2023/2024

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Live Sports

6 Stadion Piala Dunia U20 2023 di Argentina

30 April 2023

Lebih Lanjut

Live Sports

7 Piala Sepakbola Bergengsi Dunia bagi Negara dan Klub

27 Maret 2023

Lebih Lanjut

Live SportsPiala Dunia

Daftar Juara Piala Dunia U-17 dari Masa ke Masa

13 November 2023

Lebih Lanjut

Piala Dunia

Prediksi Final Piala Dunia U-17: Jerman vs Prancis

30 November 2023

Lebih Lanjut

Piala DuniaTrivia

Profil Bima Sakti, Mantan Bintang Timnas yang Jadi Pelatih Timnas U-17 Indonesia

13 November 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan Receiver dengan Set Top Box: Apa yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli?

10 Juli 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan Smart TV dan Android TV dalam Berbagai Aspek

30 November 2023

Lebih Lanjut

Telekomunikasi

Perbedaan TV Digital dan Smart TV: Kelebihan dan Kekurangannya

10 Juli 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kanan Paling Tangguh di Liga Inggris Musim 2023/24

27 Desember 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Kiri Terbaik di Liga Inggris 2023/24

07 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Bek Paling Pendek di Liga Inggris

09 Januari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Gelandang Terbaik Manchester United Sepanjang Masa

05 Februari 2024

Lebih Lanjut

Trivia

10 Kekalahan Terbesar Manchester City bersama Pep Guardiola

06 November 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Klub Tertua di Liga Inggris

30 April 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Lapangan Basket NBA yang Ikonik

25 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Trivia

10 Nama Point Guard Terbaik di NBA dan Raihannya Masing-masing

24 Agustus 2023

Lebih Lanjut

Uncategorized

Urutan Sword Art Online: Dari Season 1 hingga Season 4

27 Oktober 2023

Lebih Lanjut